mengenal model ac

Sebelum anda memutuskan untuk membeli AC untuk ruangan anda,ada baiknya mengenal terlebih dahulu berbagai model ac. Paling tidak,ada 4 macam model ac yang beredar di pasaran.Berikut ini macam model dan penjelasannya :

Pertama : AC Split

Ini adalah jenis AC yang paling umum digunakan di rumah, kantor maupun instansi di Indonesia, ini disebabkan beberapa faktor mulai dari gampangnya perawatan dan support.

AC split memiliki desain yang terdiri dari eksternal unit outdoor yang didalamnya terdapat compressor AC dan indoor unit. Prinsip kerja AC split kurang lebih sama dengan AC central namun dengan duct yang lebih kecil membuat AC split lebih murah dan lebih mudah dipasang.
Pada AC split, refrigerant dipompa ke koil pendingin melalui duct (saluran). Biasanya digunakan pipa conduit berdiameter 3 inch yang dipasang menembus tembok, menghubungkan unit indoor dan outdoor. Pipa conduit ini berisi saluran suction dan refrigerant, saluran drainase dan kabel listrik.Berikut contoh gambar AC Splitductless-ac-split-system

Kedua : AC Window

 

AC Window adalah AC yang berbentuk kotak dan dalam pengoperasiannya tidak menggunakan remote. Karena tombol kontrol sudah terintegrasi dengan AC ini. AC ini hanya terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri dan tidak ada istilah outdoor dan indoor AC.

AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena dianggap sudah ketinggalan jaman dan karena tidak ada unit outdoor yang membuat AC ini tidak praktis. Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 pk - 2.5 pk.

Ketiga : AC Central

Komponen AC Central terdiri dari compresor, condensor, alat ekspansi dan evaporator. Pada AC Central biasanya tipe condensornya adalah water-cooled condenser (condensor pendingin air). Air untuk mendinginkan condensor dialirkan melalui pipa yang kemudian outputnya didinginkan kembali secara evaporative cooling pada cooling tower.

Pada sistem pendingin AC Central, jika sistemnya indirect cooling maka fluida yang didinginkan tidak langsung udara melainkan air yang dialirkan melalui system pemipaan. Air yang mengalami pendinginan pada evaporator dialirkan menuju system penanganan udara (AHU) menuju koil pendingin.Berikut contoh AC Central

ac central

Keempat : Ac Standing Floor

AC ini merupakan AC yang unit Indoornya berdiri dan mudah dipindahkan. Karena kepraktisannya ini, AC ini sering digunakan dalam acara-acara seperti acara ulang tahun, perkawinan, hajatan dan acara lainnya.

AC ini bisa dioperasikan dengan remote control.AC model ini memiliki 2 bagian utama yaitu bagian indoor dan outdoor. Kapasitas AC ini mulai dari 2pk - 5pk

ac_standing

Demikian sedikit gambaran tentang beberapa model ac yang ada dipasaran.Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang akan memasang ac di ruamah atau kantor.

 

Thnks...

Salam aircoolteknik.com

 

260 View

Leave a Comment