Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabbarokatuh...Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua. Tidak terasa sudah 5 hari yang lalu lebaran. Hari ini sebagian besar dari kita sudah kembali melaksanakan rutinitas seperti biasanya, kembali masuk kerja. Tetap semangat yang sudah masuk kerja dan selamat menikmati yang masih libur kerja.

Hari ini aircoolteknik kembali akan berbagi, membagikan tips atau bahasa kerennya "sharing". Temanya adakah tentang kerusakan pada AC yang sering terjadi.

Ada banyak sekali kerusakan pada AC. Tapi kali ini aircoolteknik hanya akan membahas 3 kerusakan pada AC yang sering terjadi, karena kalo dibahas semunya waktu satu hari tidak akan cukup.

1. Keluar Air

Kerusakan pada AC yang pertama adalah keluarnya air dari AC. Kerusakan ini sering terjadi pada sebagian besar AC. Penyebabnya bisa bermacam - macam. Salah satunya, saluran pembuangan mungkin tersumbat karena kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan, AC-nya kotor, zat pendinginnya tidak cukup, kemiringan pipa pembuangan tidak benar atau pipa pembuangan yang terlalu panjang dipasang pada tempat sempit.

2. Bunyi Berisik

Kerusakan pada AC yang kedua adalah keluar bunyi/suara yang berisik. Untuk kasus ini, Ada beberpa kemungkinan, bisa jadi karena Blower dan Koil kotor, atau suara berasal dari getaran papan yang menjadi tumpuanya, dimana jika Kompressor unit outdoor bekerja suara berisiknya akan masuk kedalam dimana unit indoornya berada.

3. Kristalisasi pada pipa outdoor

Kerusakan pada AC ketiga adalah terjadi pembekuan di area pipa dibagian outdoor. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Pertama, es yang terbentuk pada pipa luar (ukuran lebih kecil) adalah karena kurangnya gas dalam sistem AC. Sedangkan es yang terbentuk pada pipa suction (lebih besar) mungkin disebabkan oleh koil evaporator&kipas atau filter yang kotor, bisa juga karena blower unit dalam yang tidak berputar.

Demikian informasi tentang kerusakan pada AC yang sering terjadi. semoga bisa menambah pengetahian dan bermanfaat.

 

Salam Aircoolteknik

 

 

 

330 View

Leave a Comment