Selamat siang semuanya. beruhubung hari ini hari jum'at, admin ucapkan selamat menunaikan ibadah sholat jum'at bagi yang menunaikan. Diartikel kedua hari ini, admin akan mengupas tentang bagaimana cara kerja AC atau air conditioner.

Mungkin kita semua sudah familiar dengan AC, di era modern AC sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Tapi pernahkah kita bertanya atau sekedar ingin tahu tentang bagaimana AC bekerja?. Bagaimana AC bekerja sehingga menimbulkan efek dingin?.

Sesuai dengan namanya, AC atau air conditioner merupakan seperangkat alat yang dapat mengkondisikan ruangan yang kita inginkan. Maksudnya yaitu mengkondisikan ruangan menjadi lebih rendah suhunya dibandingkan dengan suhu ruangan sekitarnya. Kita bisa mengatur berapa suhu yang kita inginkan.

Berikut ini Bagaimana Cara Kerja AC.

Ketika pertama kali dinyalakan, AC akan menghisap udara pada ruangan melalui kipas sentrifugal yang ada pada evaporator. Kemudian udara yang telah dihisap akan masuk dan bertemu dengan pipa coil. Di dalam pipa coil tersebut udara akan bersentuhan dengan cairan refrigerant atau lebih dikenal dengan freon. Kemudian freon tersebut yang menyerap panas pada udara. Ketikan udara sudah menjadi dingin maka akan menyebabkan refrigerant menguap. Hasil uap dari refrigerant inilah kemudian berkumpul pada penampung uap.

Setelah itu, tekanan uap dari evaporator akan disirkulasikan ke kondensor. yang mana saat proses kompresi sedang berlangsung, suhu serta tekanan uap refrigerant akan naik secara bersamaan. Hingga akhirnya tekanan uap yang sangat tinggi tersebut ditekan masuk menuju kondensor.

Setelah tekanan masuk menuju kondensor, udara yang keluar dari kondensor merupakan udara panas yang berubah menjadi uap. uap refrigerant kemudian memberi panas ke udara pendingin yang ada pada kondensor. Hingga akhirnya menjadi embun yang ada pada pipa kapiler. Kipas propeller membantu mengeluarkan panas yang ada pada kondensor.

Sampai disini AC sudah bisa menghasilkan udara dingin. Namun,  diperlukan komponen thermostat agar sirkulasi udara dapat dingin secara terus-menerus dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna. inilah fungsi utama thermostat. Komponen AC yang satu ini berfungsi untuk pengaturan suhu yang ada dalam ruangan. Pengaturan suhu tersebut tentu dapat disesuaikan sesuai keinginan pengguna AC.

Selanjutnya anda tinggal menunggu beberapa menit supaya bisa menikmati sejuknya udara yang dikeluarkan ac. Lamanya bergantung dengan luas ruangan dan kapasitar AC anda.

552 View

Leave a Comment