Setelah kemarin publish artikel tentang cara mengatasi ac bocor, kali ini admin akan mengulas tentang penyebab dan cara mengatasi AC berisik. Kedua macam kerusakan ini memang merupakan kerusakan yang sering terjadi pada AC, terutama AC split atau yang sering kita temui dirumah-rumah ataupun perkantoran.

Jika anda pernah mengalami masalah seperti ini pada ac rumah atau kantor anda, tentunya bisa merasakan betapa terganggunya kita dengan suara kerusakan AC ini. Lalu pertanyaannya adalah, apa penyebab dan cara mengatasi AC berisik seperti ini??. Berikut ulasannya :

Pertama, bearing kompresor kendor.

Penyebab yang pertama adalah bearing kompresor kendur. Apabila bearing ini kendur, maka mengakibatkan speling tidak berimbang sehingga akan menumbulkan suara berisik pada AC. Pada bagian ini, agak sulit untuk di perbaiki. Cara paling cepat dan mudah adalah membeli dan menggantinya dengan yang baru.

Kedua, sabuk belt longgar

Penyebab kedua yang menjadi penyebab AC berisik saat dihidupkan  adalah sabuk bel yang juga mulai longgor. Berbeda dengan yang pertama, jika AC berisik dikarenakan hal ini anda bisa coba mengencangkannya terlebih dahul. Apabila memang tidak bisa dikencangkan dan harus membelikan dengan yang baru kemudian menggantikannya.

Ketiga, penyangga/dudukan AC tidak rata.

Penyebab dan cara mengatasi AC berisik selanjutnya bisa disebabkan karena dudukan AC tidak rata. Biasanya hal ini terjadi ketika pertama kali memasang AC.  Jika terjadi terjadi bisa menjadi penyebab AC berisik saat dinyalakan.

Cara mengatasinya,anda bisa memindahkannya ketempat yang lebih rata atau memberikan dudukan baru yang lebih rata sehingga suara berisiknya menjadi hilang.

Keempat, baut kendur.

Penyebab dan cara mengatasi AC berisik yang terakhir adalah dengan mengecek apakah ada baut yang kendor pada bagian cashing atau cover AC. Penyebab seperti ini paling banyak di temui. Apabila memang ada baud yang sudah kendur, coba anda kencangkan kembali.

Demikian tips dari aircoolteknik tentang penyebab dan cara mengatasi AC berisik. Semoga dapat membantu anda membetulkan AC anda sendiri, atau paling tidak menambah pengetahuan bagi anda yang ingin terjun di bidang teknisi AC.

 

Salam Aircoolteknik

416 View

Leave a Comment